aplikasi penting untuk memantau jalur mudik Lebaran

6 Aplikasi Pemantau Map Untuk Hindari Macet Saat Mudik Lebaran

Okeklik – Bagi calon pemudik yang menggunakan transportasi jalan dan mengendarai kendaraan pribadi atau umum harus memiliki aplikasi pengatur lalu lintas.

Aplikasi pemantau lalu lintas saat Idul Fitri menjadi sangat penting, mengingat aktivitas mudik tahun ini diperkirakan akan meningkat signifikan. Ada banyak aplikasi pemantau jalur lalu lintas yang sudah berfungsi di Indonesia.

Aplikasi ini melaporkan aktivitas lalu lintas real time, mulai dari rute jalan mulus, kondisi cuaca, kondisi lalu lintas saat ini, atau tempat berhenti.

Berikut 5 aplikasi penting untuk memantau jalur mudik Lebaran:

NTMC Mudik

Mudik NTMC dikembangkan oleh Mabes Polri Kollantas untuk memudahkan pemudik dalam perjalanan mudik Lebaran. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa informasi yang dapat diakses seperti Rute jalan, Peta Mudik, Informasi Umum dan Jasa Marga ke Jasa Raharja.
Fitur Informasi Umum berisi nomor telepon jalan tol, pelabuhan, bandara, polisi, jalur rawan lalu lintas, kecelakaan, longsor dan restoran.

Google Maps

Google Maps biasanya sudah tersedia dan merupakan aplikasi mobile bawaan. Aplikasi ini memberikan informasi kepada pengemudi secara real time.
Selain mendapatkan informasi tentang kemacetan jalan dan rute perjalanan, fitur-fitur di Google Maps juga memberikan pilihan kepada pengguna untuk memilih rute sesuai dengan kendaraan yang digunakan. Misalnya, sepeda motor atau mobil pribadi dan angkutan umum.

Waze

Waze adalah aplikasi trek populer yang diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna di Play Store. Aplikasi ini menyediakan banyak informasi yang pasti berguna untuk Anda.
Dari informasi rute dan pilihan rute yang tercakup hingga informasi tentang titik lalu lintas pada rute pilihan Anda. Aplikasi ini juga dapat memberitahukan penyebab kemacetan yang dilaporkan oleh pengguna jalan lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat berkontribusi dengan memberikan informasi yang Anda temui selama penerbangan. House-goers juga akan dimanjakan dengan Open Music yang menampilkan pilihan lagu dan podcast saat menghadapi kemacetan.

Informasi BMKG

Informasi cuaca BMKG juga menjadi salah satu hal penting yang harus Anda ketahui selama perjalanan mudik Lebaran. Oleh karena itu, aplikasi info cuaca BMKG juga penting untuk dimiliki di ponsel Anda.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengembangkan aplikasi yang memuat sejumlah

fitur seperti prakiraan cuaca, gempa bumi, peta iklim, kualitas udara, cuaca mudik, peringatan dini cuaca, dan siaran pers BMKG.
Khusus untuk fitur Cuaca Rute Mudik, BMKG memberikan informasi prakiraan cuaca yang terjadi di wilayah yang dilalui pemudik dengan lalu lintas.

JasamargaLive

Aplikasi besutan PT Jasamarga (Persero) ini menyediakan sejumlah fitur seperti streaming CCTV, informasi lalu lintas dan peta kemacetan. Dengan fitur streaming CCTV, penumpang dapat melihat kondisi jalan secara langsung, sehingga memudahkan untuk menentukan rute mana yang ingin mereka lewati.
para pemudik bisa memilih sejumlah jalan tol, seperti Belmera, Cibularang, Kota Jakarta Dalam dan Jagurawi.

RTTMC

RTTMC adalah singkatan dari Road Transportation and Traffic Management Center atau Pusat Pengatur Angkutan Jalan dan Lalu Lintas Departemen Perhubungan.
Aplikasi ini merupakan versi mobile yang berisi informasi tentang lalu lintas khususnya jalan nasional yang berada di bawah kewenangan Dirjen Data dan Informasi Kementerian Perhubungan.

RTTMC dilengkapi dengan fitur siaran CCTV (Live Broadcast) dari berbagai daerah, informasi berita lalu lintas, nomor penting, dan lainnya. Informasi ini bisa membuat perjalanan mudik lebaran semakin nyaman.

Mau Mudik Lebaran! Jangan Sampai Lupa Pasang Aplikasi Pabrikan Mobil dan Layanan Bengkel

Okeklik – Agar bisa pulang kampung dengan lancar, perlu menginstal aplikasi di smartphone agar perjalanan lebih aman, nyaman dan efisien.
Dari sektor otomotif pada mudik lebaran dengan mobil pribadi, berikut empat aplikasi yang wajib diunduh bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

Berikut daftarnya:

Pedulilindungi

Permintaan yang dikeluarkan pemerintah ini bersifat wajib, terutama bagi masyarakat yang sering berada di luar rumah. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk memindai kode QR sebelum memasuki fasilitas umum, seperti stasiun.
Saat kembali ke rumah, aplikasi ini juga dapat membantu orang dalam perjalanan.

Pemerintah telah memberikan jeda perjalanan tahun ini, namun bagi masyarakat yang belum menerima vaksin dosis penuh, tetap harus menunjukkan hasil tes antigen atau polymerase chain reaction negatif.
Aplikasi PeduliLindung berisi sertifikat vaksinasi digital, yang dapat ditunjukkan kepada petugas jika diperlukan.

Saat merasa kurang sehat, terutama saat melakukan perjalanan darat dengan kendaraan pribadi, pengguna dapat berkonsultasi dengan layanan telemedicine yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindung.
Masyarakat juga dapat mencari fasilitas yang terdekat dengan lokasinya menggunakan aplikasi ini.
Aplikasi PeduliLindung juga secara berkala mengupdate informasi aturan perjalanan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan saat mudik.

aplikasi navigasi

Bagi orang yang pulang dengan kendaraan pribadi, aplikasi navigasi tidak boleh ketinggalan untuk dipasang.
Pengguna ponsel di Indonesia biasanya mengandalkan Waze dan Google Maps untuk bantuan rute perjalanan.
Setiap aplikasi memiliki kelebihan, keduanya juga dapat digunakan secara bersamaan sehingga pengguna dapat memiliki rute pulang terbaik.

Aplikasi Waze biasanya memberikan informasi jika ada petugas polisi di titik tertentu atau ada gangguan di jalan, berdasarkan laporan dari pengguna lain.
Sementara itu, aplikasi Google Maps juga bisa diandalkan, selain untuk mencari rute, untuk menemukan apa yang ada di sekitar, seperti rest area dan bengkel.

Aplikasi navigasi online juga menyediakan akses offline, yang akan sangat berguna untuk menghemat baterai ponsel atau saat Anda berada di tempat yang sinyal selulernya lemah.
Di Google Maps, sebelum pulang, cari tujuan dan klik lokasi untuk melihat informasi lebih lanjut. Di sudut kiri atas layar, ketuk ikon tiga titik dan pilih Unduh Peta Offline.

Aplikasi Produsen Mobil

Produsen mobil meningkatkan saluran digital mereka untuk menjangkau konsumen.
Jika Anda pulang dengan mobil pribadi, pasanglah aplikasi yang sesuai dengan merek mobil tersebut agar dapat memberikan panduan saat Anda menemui masalah di jalan.

Aplikasi saat ini termasuk Auto2000 Digiroom merek Toyota, dan lainnya termasuk Honda e-Care, DaihatsuKu, Halo Suzuki dan My Mitsubishi Motors ID.
Aplikasi biasanya menyediakan kontak layanan pelanggan dan lokasi bengkel resmi terdekat.

Sejumlah merek menawarkan keuntungan meminta layanan di bengkel formal kepada mekanik 24 jam yang bisa datang ke lokasi.
Keuntungan dari aplikasi seperti ini, konsumen mendapatkan layanan purna jual resmi dari setiap produsen mobil.

Aplikasi bengkel

Selain aplikasi resmi dari produsen mobil, wisatawan juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk menemukan bengkel terdekat jika terjadi keadaan darurat.
Aplikasi Shop and Drive menyediakan layanan perbaikan di rumah atau di lokasi.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mencari suku cadang.
Startup lokal Otoklix memiliki aplikasi yang dapat memberitahukan lokasi bengkel terdekat, bahkan melakukan pemesanan (reservasi) tanpa harus datang langsung ke bengkel.

Beberapa operator menyediakan aplikasi dengan cakupan lokal, seperti Hepicar yang dapat digunakan di Yogyakarta. Mereka menyediakan layanan perawatan mobil rumah seperti cuci dan perbaikan AC.
Hepicar juga bisa digunakan untuk mencari mekanik 24 jam terdekat yang akan datang ke lokasi.