Mengapa fotografer harus menggunakan perangkat lunak pengunduhan kamera digital?

OkeKlik – Sebagai pemilik kamera digital, Anda mungkin tidak terkejut mengetahui bahwa perangkat lunak pengunggah gambar digital sangat penting untuk mengotomatiskan transfer gambar dari kamera atau pembaca kartu Anda.

Setiap orang perlu mengirimkan gambar dari titik A pada kamera ke titik B pada PC, dan kami membutuhkan tugas ini untuk diselesaikan dengan sedikit keributan dan kerumitan. Sebagai fotografer, kita semua tahu bahwa ada kalanya kita perlu merotasi foto atau beberapa foto mungkin memerlukan sedikit penyesuaian resolusi.

Menggunakan perangkat lunak pengunggahan kamera digital profesional seperti RoboImport untuk mengotomatiskan transfer foto dan membuat beberapa penyesuaian gambar memudahkan untuk mengelola tugas-tugas alur kerja kamera digital rutin.

Ketika Anda membeli kamera digital baru, itu mungkin datang dengan perangkat lunak yang dimaksudkan sebagai “hadiah dengan pembelian”, beberapa penampil foto kecil yang mewah. Biasanya, perangkat lunak pengunduhan kamera digital ini ditawarkan dalam uji coba atau kualitas minimal, jika memang bagus.

Dengan biaya kamera digital yang lebih rendah saat ini, banyak yang bahkan tidak datang dengan perangkat lunak apa pun untuk mengunduh kamera digital, sebenarnya, jika Anda beruntung, kamera Anda mungkin dilengkapi dengan driver untuk komputer Anda untuk berkomunikasi dengan kamera digital, tetapi tidak ada lagi. .

eberapa fotografer pemula mungkin berpikir bahwa karena kamera baru mereka tidak dilengkapi dengan perangkat lunak kamera digital khusus, itu tidak diperlukan. Tidak menyadari bahwa mengunggah foto dari kamera mereka adalah hal yang mudah.

Mereka akan mulai dengan membuat folder, kemudian memilih gambar satu per satu dan menghadapi proses katalogisasi dan pengorganisasian selanjutnya. Ini tidak terpikirkan oleh fotografer profesional, atau bahkan fotografer pemula yang antusias yang perlu memproses dan mengatur ribuan gambar.

Dirancang khusus untuk mentransfer foto Anda dari kamera ke komputer Anda, perangkat lunak pengolah kamera digital melakukan lebih dari sekadar mengotomatiskan proses transfer foto. Program apa pun yang hanya akan melakukan tugas itu sama sekali tidak memadai.

Fotografer membutuhkan perangkat lunak kamera digital profesional seperti RoboImport. Software alur kerja kamera digital yang direkomendasikan ini akan mendeteksi koneksi kamera untuk kita para fotografer yang mungkin bukan ahli komputer.

RoboImport akan membuat folder yang diperlukan untuk mentransfer gambar dan bahkan mengganti namanya. Beberapa perangkat lunak pengunduhan kamera digital yang kurang profesional dapat menimbulkan masalah selama proses pengunduhan dengan menduplikasi nama file dan, sayangnya, menimpa foto berharga lainnya yang mungkin ada di komputer.

RoboImport mengambil tindakan pencegahan dengan mengganti nama gambar dari nomor standar yang diberikan oleh kamera digital Anda dengan membaca dan menulis informasi EXIF ​​​​foto untuk membuat kode unik yang mewakili tanggal dan waktu foto itu diambil.

Informasi EXIF ​​lengkap, termasuk merek, model, dan pengaturan kamera Anda, juga akan ditransfer bersama bidikan Anda. Menyimpan informasi ini sangat penting bagi fotografer profesional.

RoboImport juga akan memutar gambar sesuai kebutuhan, menyesuaikan resolusi gambar (DPI), dan menambahkan informasi IPTC tambahan ke foto yang ingin Anda sertakan.

Saat mengelola ratusan gambar, ini adalah fitur penghemat waktu yang luar biasa. Fotografer perjalanan dan margasatwa juga dapat memanfaatkan kemampuan opsional RoboImport untuk menyertakan koordinat GPS untuk lokasi foto.

Fotografer profesional yang tidak memiliki akses ke foto RAW mereka meremehkan pekerjaan mereka. Gambar JPEG tidak begitu bagus kualitasnya dan cenderung berdarah dan buram yang bukan tanggung jawab fotografer dan tentu saja tidak dibuat oleh kamera, itu adalah hasil kompresi yang diperlukan untuk mengubah foto menjadi gambar JPEG atau format lain.

RoboImport menyimpan file gambar RAW dan gambar JPEG dalam folder terpisah, memberikan fotografer gambar yang sebenarnya mereka ambil sebagai perlindungan dan cadangan terhadap kerusakan konversi format.

Perangkat lunak kamera digital yang hebat seperti RoboImport juga akan membuka pengelola foto Picajet Anda atau pengelola gambar digital lain yang tersedia yang mungkin Anda miliki untuk mengevaluasi foto Anda lebih lanjut.

Waktu dan kerepotan yang dihemat dengan perangkat lunak otomatisasi transfer gambar memberi fotografer kembali waktu yang dapat mereka habiskan untuk tugas, yang ingin ia tampilkan, misalnya, untuk membuat foto mahakarya.