Unistal Program, Perbarui Windows, Defragmentasi Hard Drive

OkeKlik – Ini adalah yang pertama dari banyak artikel berikutnya. Saya akan menunjukkan kepada Anda langkah demi langkah bagaimana Anda dapat mengambil kembali kendali komputer Windows Anda.

Ikuti saja instruksi saya, dan Anda akan segera dapat menggunakan komputer Anda untuk bekerja atau bermain lagi, daripada menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mencoba menjalankannya.

Yang terbaik dari semuanya, saya tidak akan mencoba menjual apa pun kepada Anda. Saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan banyak hal di komputer Anda secara gratis. Seperti kebanyakan instruksi, harap baca semuanya sebelum melakukan apa pun.

Mari kita mulai dengan sedikit membersihkan rumah. Tutup semua program di komputer Anda. Klik tombol “MULAI” di sudut kiri bawah, pilih “Pengaturan”, lalu “Panel Kontrol”. Sebuah jendela baru seharusnya terbuka. Klik dua kali Tambah atau Hapus Program.

Ini akan menunjukkan kepada Anda sebagian besar program yang diinstal pada komputer Anda. Buka daftar dan jika Anda menemukan yang telah Anda instal yang tidak lagi diperlukan atau digunakan, hapus saja. Ini akan mengosongkan ruang disk.

Beberapa program uninstall akan meminta Anda untuk me-restart komputer Anda. Setelah selesai, lanjutkan dan mulai ulang lagi. Windows suka reboot. Berhati-hatilah untuk tidak menghapus program yang masih Anda gunakan, dan jangan menghapus pembaruan Windows apa pun. Secara umum, jika Anda tidak tahu apa itu, jangan menyentuhnya!

Setelah reboot bersih, kami akan memastikan bahwa komputer Anda memiliki pembaruan terbaru yang diinstal. Klik “MULAI”, lalu “Pembaruan Windows”. Jika Anda tidak memiliki Pembaruan Windows di menu Mulai, buka Internet Explorer, lalu klik Alat, lalu Pembaruan Windows.

Ikuti petunjuk di situs web Pembaruan Microsoft dan instal semua pembaruan penting yang tersedia untuk komputer Anda. Mulai ulang ketika diminta untuk melakukannya. Pilih juga pemeriksaan otomatis untuk pembaruan. Tetapi jangan memilih untuk mengunduh dan menginstalnya secara otomatis.

Anda selalu ingin ditanya sebelum mengunduh dan menginstal pembaruan! Ini bisa memakan waktu lama dan biarkan komputer Anda melakukannya. Anda dapat melakukan sesuatu yang lain selama waktu ini. Mulai ulang setelah selesai.

Sekarang komputer Anda sudah mutakhir dan kami juga telah melakukan sedikit pembersihan rumah, saatnya untuk mendefrag hard drive Anda. Windows tidak terlalu efisien dalam hal mengatur data pada hard drive. Setelah beberapa saat, itu pecah-pecah. Tetapi Windows memiliki alat pembersih.

Anda harus melakukan ini setidaknya sekali seminggu jika Anda menggunakan komputer setiap hari. Klik dua kali ikon Komputer Saya di desktop. Jendela baru akan terbuka dan menampilkan semua hard drive, drive CR ROM, dan perangkat penyimpanan lain yang terhubung ke komputer Anda.

Dalam kebanyakan kasus, hard drive utama Anda akan diberi label sebagai drive “C:”. Kalau ada surat lain juga tidak apa-apa. Klik kanan padanya, lalu pilih Properties. Jendela lain akan terbuka. Di kanan bawah, klik “Disk Cleanup”, lalu centang semua kotak.

Jika Anda memiliki halaman web offline, jangan pilih. Jika Anda tidak tahu apa itu, Anda mungkin belum menggunakan fitur ini dan Anda dapat memilihnya. Kemudian klik “OK” dan “Ya” di jendela konfirmasi. Setelah ini dibersihkan, klik tab Tools dan kemudian Defrag Now.

Di jendela baru, klik “Defragmentasi” lagi dan biarkan komputer mendefrag hard drive. Tergantung pada ukuran hard drive Anda, ini mungkin memakan waktu beberapa jam, terutama jika Anda melakukan ini untuk pertama kalinya. Biarkan saja sampai selesai. Ulangi langkah-langkah ini untuk semua hard drive lain di komputer Anda.

Ini semua. Anda menghapus program yang tidak perlu, memperbarui Windows dan mendefrag hard drive Anda. Restart komputer Anda dan itu akan lebih aman dan berkinerja lebih baik dari sebelumnya. Nantikan artikel lainnya tentang cara mengambil kembali kendali atas komputer Anda.

Pintasan Keyboard Windows

Ketika saya melihat sebagian besar kolega dan teman saya bekerja di PC mereka, mereka kebanyakan menggunakan mouse karena mereka tidak tahu tentang pintasan keyboard Windows yang hebat yang akan membuat hidup mereka jauh lebih mudah. Beberapa orang mungkin mengetahui pintasan keyboard, tetapi mereka terbiasa bekerja terutama dengan mouse, dan kebiasaan lama sulit dihentikan.

Pada artikel ini, saya akan mengambil semuanya langkah demi langkah sehingga Anda dapat mempelajari pintasan keyboard yang Anda butuhkan untuk menavigasi sistem operasi Windows.

Misalkan mesin Anda mulai dan karena mouse yang rusak atau masalah terkait lainnya, sistem Anda tidak dapat diakses dengan mouse. Seorang pengguna yang tidak menggunakan pintasan keyboard secara teratur akan benar-benar hilang. Oke, memang relatif murah untuk mengganti mouse, tetapi bagaimana jika Anda perlu menyelesaikan tugas dengan cepat yang tidak sabar untuk membeli mouse baru atau masalahnya diperbaiki?

Menavigasi Menu Mulai di Windows XP

Pertama, saya akan menjelaskan cara meluncurkan aplikasi tanpa menggunakan mouse, dan menggunakan pintasan keyboard sebagai gantinya. Segera setelah sistem dimulai, jika Anda perlu masuk, masukkan kata sandi Anda dan tekan tombol Enter. Setelah sistem sepenuhnya diinisialisasi, Anda akan melihat desktop Windows. Mari kita gunakan Notepad sebagai contoh. Ikuti instruksi persis seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Tekan Ctrl dan Esc untuk menampilkan menu mulai, atau tekan tombol logo Windows. Sekarang tekan panah atas sampai Anda melihat persegi panjang pilihan bergerak ke atas di menu mulai. Setelah kotak pilihan masuk ke menu mulai, tekan panah kiri untuk menavigasi ke sisi kiri menu mulai.

Kemudian tekan panah bawah hingga “Semua Program” dipilih. Klik panah kanan untuk membuka menu Semua Program. Tekan panah bawah hingga “Aksesoris” dipilih. Klik panah kanan untuk membuka menu aksesori. Sekarang tekan panah bawah hingga item menu Notepad dipilih dan tekan Enter. Ini akan meluncurkan aplikasi Notepad.

Berbekal pengetahuan dasar tentang pintasan keyboard ini, Anda akan dapat meluncurkan aplikasi apa pun tanpa menggunakan mouse.

Bergerak di sekitar desktop

Seringkali, pengguna menempatkan ikon di desktop untuk akses cepat ke aplikasi, file, atau folder tertentu yang mereka gunakan secara teratur. Sekarang bagaimana jika mouse terlipat dan Anda perlu membuka file itu?

Berikut cara menggunakan pintasan keyboard Windows untuk melakukan ini:

Tergantung pada situasi Anda saat ini, langkah-langkah yang berbeda mungkin diperlukan, jadi ingatlah bahwa Anda mungkin tidak perlu mengikuti semua langkah.

Tekan tombol logo Windows dan M secara bersamaan untuk meminimalkan semua jendela. Tekan Ctrl dan Esc secara bersamaan lalu tekan Esc lagi. (Hanya diperlukan dalam kondisi tertentu, jadi Anda mungkin hanya perlu mengikuti langkah ini jika Anda tidak mendapatkan hasil yang Anda inginkan pada langkah di bawah).

Tekan tombol Tab dan lepaskan. Terus tekan dan lepaskan hingga Anda melihat “persegi panjang fokus” yang mengelilingi salah satu ikon desktop. Jika ada banyak ikon di desktop, Anda mungkin perlu melihat lebih dekat untuk melihat apakah ada di antara ikon yang menerima fokus, yang ditunjukkan oleh persegi fokus.

Juga sesekali gunakan tombol panah untuk melihat apakah Anda dapat berpindah di antara ikon yang berbeda jika sulit untuk melihat ikon persegi fokus. Biasanya, fokus berpindah antara bilah tugas Windows dan ikon terakhir yang memiliki fokus (dipilih) di desktop saat Anda menekan tombol Tab.

Setelah Anda mendapatkan “persegi panjang fokus” pada ikon desktop mana pun, Anda hanya perlu menavigasi ke ikon pilihan Anda menggunakan tombol panah. Ketika ikon yang diinginkan memiliki fokus atau dipilih, tekan tombol Enter untuk membuka file, folder, atau menjalankan program.

Bekerja dengan Windows

Langkah kami selanjutnya dalam artikel ini tentang pintasan keyboard Windows adalah memanipulasi jendela dalam konteks meminimalkan, memaksimalkan, memindahkan, dan menutupnya. Untuk meminimalkan jendela yang sedang aktif, tekan Alt dan Spacebar. Menu kontrol jendela akan muncul. Sekarang tekan N untuk meminimalkan jendela.

Untuk memaksimalkan jendela atau mengembalikannya ke keadaan yang dipulihkan ketika diminimalkan ke bilah tugas Windows, tahan tombol Alt lalu tekan dan lepaskan tombol Tab hingga jendela yang diinginkan dipilih. Ketika jendela pilihan dipilih, lepaskan juga tombol Alt, yang memastikan bahwa jendela dimaksimalkan atau dipulihkan tergantung pada keadaan sebelumnya.

Jika Anda ingin memaksimalkan jendela dari status yang dipulihkan, tekan Alt dan Spacebar. Saat menu kontrol muncul, tekan X untuk memaksimalkan jendela. Untuk memulihkan jendela yang dimaksimalkan, tekan Alt dan Spasi. Saat menu kontrol muncul, tekan R untuk mengubah jendela dari kondisi maksimal ke status dipulihkan.

Untuk memindahkan jendela, tekan Alt dan Spacebar. Saat menu kontrol muncul, tekan M. Sekarang gunakan tombol panah untuk memindahkan jendela ke lokasi yang diinginkan dan tekan tombol Enter untuk menyelesaikan operasi ini.

Jika Anda ingin mengubah ukuran jendela, tekan Alt dan Spacebar. Saat menu kontrol muncul, tekan S. Sekarang tekan tombol panah tergantung pada sisi mana Anda ingin mengubah ukuran jendela. Kanan akan membawa Anda ke tepi kanan jendela untuk mengubah ukuran, dan panah bawah akan membawa Anda ke sudut kanan bawah untuk mengubah ukuran.

Pertama kali Anda menekan tombol kiri, Anda akan melompat ke batas kiri jendela untuk mengubah ukuran dari sisi itu. Setelah Anda memilih lokasi pengukuran dengan menekan panah kiri atau kanan dan panah atas atau bawah, gunakan salah satu tombol panah untuk mengubah ukuran.

Setelah selesai, tekan Enter untuk menyelesaikan operasi ini. Menekan tombol Esc akan membuat ukuran jendela asli tidak berubah.

Untuk menutup jendela yang sedang aktif, tekan Alt dan F4 atau Alt dan spasi, lalu tekan C.

Berbagi pintasan keyboard Windows

Perhatikan bahwa tombol WINDOWS adalah tombol logo Windows pada keyboard.

ALT+TAB

Menampilkan daftar program yang terbuka dan berpindah ke program berikutnya.
(Tekan TAB lagi untuk pindah ke program berikutnya).

ALT+SHIFT+TAB

Tampilkan daftar program yang terbuka dan alihkan ke program sebelumnya.
(Tekan TAB lagi untuk memilih program sebelumnya).

WINDOWS atau CTRL+ESC
Menampilkan menu Mulai Windows.

JENDELA + E
Buka Komputer Saya.

JENDELA+D
Beralih antara “Tampilkan desktop” dan “Tampilkan jendela yang terbuka”.

JENDELA+M
Minimalkan semua jendela.

F2
Ganti nama folder, file, atau pintasan yang dipilih.

CTRL+H
Buat dokumen baru untuk aplikasi yang aktif.

CTRL+O
Tampilkan kotak dialog Buka dari aplikasi yang aktif.

CTRL+S
Simpan dokumen saat ini dari aplikasi yang aktif.

CTRL+P
Cetak dokumen saat ini dari aplikasi yang aktif.

CTRL+A
Pilih Semua Konten di Dokumen Saat Ini.

CTRL+X
Potong teks atau objek yang dipilih.

CTRL+C
Salin teks atau objek yang dipilih.

CTRL+V
Tempel konten clipboard ke dalam dokumen aktif.

CTRL+Z
Batalkan operasi terakhir.

CTRL+Y
Ulangi operasi pembatalan terakhir.

CTRL+B
Buat teks yang dipilih menjadi tebal atau hapus tebal.

CTRL+U
Garis bawahi teks yang dipilih atau hapus garis bawah.

CTRL+I
Buat teks yang dipilih miring atau hapus pemformatan miring.

CTRL+F
Menampilkan kotak dialog Temukan.

CTRL+H
Menampilkan kotak dialog Ganti.